Share Button

Speak PKS, Speak Dakwah
Karakteristik PKS Adalah Partai Dakwah, dan karena karakteristik inilah PKS berbeda dengan lainnya. Berbeda cara mengambil kebijakan, berbeda dalam geraknya.

Ketika partai ini (PKS) lahir banyak yang kaget sekaligus aneh melihat kami yang menampilkan wajah Islam. Secara tegas asas Islam kami sematkan di dalam policy partai. Maka setiap isu yang menyangkut kepentingan umat Islam PKS tampil dengan tegas. Isu Palestina misalnya, PKS dengan segala daya upaya melakukan preseure kepada pemerintah dan elemen terkait untuk memberikan perhatian penuh atas nasib Palestina. Dari hari ke hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan dan tahun demi tahun terus kami suarakan kemerdekaan Palestina atas penjajahan Israel.
Kali pertama mengirimkan awareness (kesadaran) tentang Palestina ketika itu PKS mendapat cibiran. Namun sejak awal PKS menyadari hal tersebut sehingga tidak menyurutkan untuk terus mengusung isu kemerdekaan Palestina. Dan Alhamdulillah sekarang isu Kemerdekaan Palestina  telah membumi. PKS tak lagi dianggap asing dan isu Kemerdekaan Palestina telah menjadi kesadaran kolektif elemen bangsa. Ini memberikan keyakinan bagi kami bahwa kelezatan perjuangan sering baru kita nikmati setelah menguras tenaga, fikiran dan bahkan materi.
Tak hanya soal Palestina, dalam isu kekinian PKS juga kembali menegaskan jatidirinya sebagai Partai Dakwah. Kasus penistaan Agama juga mendapat perhatian serius teman-teman Parlemen di DPR RI. Dalam bidang sosial, PKS juga tidak berhenti atau istirahat melebur bersama masyarakat yang terkena musibah, mulai dari musibah banjir, kebakaran, gempa bumi, longsor, tsunami dan bencana-bencana lainnya untuk membantu mereka.
Kami beruntung memiliki para kader yang mengerti dan memahami tentang apa itu PKS dan untuk apa PKS didirikan. Kami memberikan apresiasi kepada para kader yang bekerja tanpa pamrih, tak kenal lelah menyapa warga dan hadir di tengah-tengah masyarakat yang terkena bencana. Tradisi tak melihat posisi kita di partai menjadi kekayaan PKS yang terbukti ampuh untuk memperkokoh PKS. Meski terkadang kita tidak mendapatkan apresiasi suara dari lokasi daerah yang pernah kita sapa, namun bagi kami itu adalah sarana peneguhan untuk terus berbuat apapun yang terjadi.
Semua aktivitas PKS, mulai isu internasional, kemanusiaan, social, ekonomi, budaya dan politik, tak bisa lepas dari ruh dan DNA PKS sebagai Partai Dakwah. PKS bukanlah sekadar partai, tapi ia menjadi motorik atau penggerak dalam berbagai kegiatan, mulai dari sosial, ekonomi, pendidikan termasuk dalam bidang politik.
Speak PKS, Speak Dakwah. Sejak kami masuk dalam arena politik, sejak saat itu pula kami memiliki kesadaran kolektif bahwa hadirnya kami dalam politik tak lain karena misi dakwah. Tentu dakwah dalam artian luas. Tak hanya sadar perihal misi tersebut, kami secara kolektif pula menyadari bahwa arena politik tak bisa lepas dari konflik. Maka sejak awal yang kami persiapakan fokus menemukan jalan keluar dari semua permasalahan yang tekait dengan konflik politik sehingga tidak terlarut dalam masalah.
Kami bersyukur karena trust public sekarang ini mulai membaik seiring dengan komitmen yang terus dijaga. Lelah, pasti! Tapi kelelahan itu sirna ketika kami mereview tentang apa sesungguhnya karakteristik dakwah itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas emosi, ketahanan fikir serta jiwa yang bergairah kami saling bersua secara rutin. Di ruang inilah kami mengembalikan karakteristik itu sehingga tidak keluar track dari karakteristik PKS.
Selanjutnya, kami juga menyadari tentang perubahan demi perubahan, baik perubahan sosial ekonomi, politik, teknologi, budaya dan gaya hidup masyarakat sekarang ini. Inilah yang terus kita modfikasi dengan grand desaign policy dengan tetap berpegang pada poros dakwah. Pengayaan grand desaign ini kami lakukan dalam berbagai momen, khususnya momen internal yang kita miliki, seperti yang akan kita lakukan dalam waktu dekat ini, yaitu Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Kota Depok, Jawa Barat pada 6-8 Maret 2017. Rakornas menjadi media kami untuk merumuskan grand desaign  partai agar bias memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Rakornas di Kota Depok, Jawa Barat memiliki makna tersendiri bagi kami karena beririsan dengan momentum politik, yaitu Pilkada Serentak dan Pemilihan Presiden RI di tahun 2019. Speak PKS, Speak Dakwah. Kekuasaan bagi kami menjadi penting, bukan karena kami ingin kekuasaan itu, tapi karena kekuasaan itu mampu memberikan efek berarti bagi perubahan masyarakat. Hampir seluruh kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak ditentukan dalam kekuasaan. Dan kami sadar akan hal itu. Karena kesadaran itulah PKS selalu berpartisipasi dalam setiap momentum pemilihan, baik Pilkada maupun pemilihan Presiden RI.
Rakornas PKS 2017 di Kota Depok pun tidak akan lepas untuk membicarakan perihal kepemimpinan. Hal ini menjadi penting karena di tangan seorang pemimpinlah sebuah daerah, negara bahkan dunia bisa berubah. Kepemimpinan memiliki peran strategis dalam perubahan social. Selamat Kongres PKS 2017, Berkhidmat untuk Rakyat! Wallahuu Alam.
Penulis
Muhammad Najib Hamas
Anggota DPRD Banten Fraksi PKS

Baca juga  Changes Mainstream To Confidence