Share Button

Beberapa bulan terakhir nama Miptah mulai banyak dikenal masyarakat Banten. Tepatnya pasca ia terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Propinsi Banten. Anggota parlemen di DPRD Banten ini banyak diburu dan dimintai konfirmasi oleh wartawan dan rekan sesama politisi, terutama pada momentum pilkada. Sebagai nahkoda partai dakwah Miptah tahu betul bahwa ada tanggungjawab besar, yaitu bagaimana membawa gerbong dakwah ini semakin melesat dan mampu mewarnai kebijakan di tanah jawara.

Studinya sebagai orang teknik sedikit banyak telah memengaruhi mainstead Miptah dalam mengelola manajemen organisasi, diantaranya tidak terlalu buru-buru dalam membuat keputusan apalagi hal itu strategis dan menyangkut hidup orang banyak. Meski penuh perhitungan, Miptah tergolong lincah dan pandai lobi dengan aprroach persuasif sehingga lebih mengena dan tepat dalam keputusan.

PKS dan Masa Depan Banten
Bagi Miptah PKS harus mampu menjadi problem solving terhadap setiap persoalan. Banten sebagai tanah jawara dengan culture yang khas harus dikelola dengan manajemen khas pula. Dan PKS memiliki aset untuk hal ini sehingga ia gigih bagaimana kader PKS bisa memiliki peluang untuk bisa mengelola daerah dengan aset yang luar biasa.

Baca juga  Mujianto Peternak Lele Yang Sukses Dari Kota Serang

Miptah kini tengah gigih bagaimana momentum Pilkada Banten yang akan berlangsung Februari 2017 bisa “pecah telor”. Sebab ketika kader PKS mendapatkan kesempatan mengelola Banten maka disitu kader PKS diuji kemampuannya, apakah mampu atau tidak. Selama ini PKS masih berada dibelakang layar karena hanya mendorong kader eksternal. Dan itu dirasa belum maksimal sehingga mau tidak mau PKS harus mendorong kader internalnya mengelola kekuasaan.

Miptah dan Kampus
Semasa kuliah, Miptah cukup atraktif menjadi aktivis. Tak hanya aktivis yang garang di jalanan dengan aksinya, namun juga mampu menjadi mahasiswa cerdas yang diakui akdemiknya.  Sewaktu menjadi mahasiswa, Miptahudin aktif di oraganisasi Ikatan Pemuda Muhamammadiyah (IPM), himpunan mahasiswa, dan juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Selama menjadi mahasiswa, Miptahudin ikut terlibat dalam berbagai aksi menuntut pemerintah agar peduli terhadap rakyat. Meskipun masih menjadi mahasiswa, ia sering diajak  berdiskusi oleh pihak rektorat untuk  memberikan masukan demi  kemajuan kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Baca juga  Tubagus Ridwan Akhmad; Utamakan Quality Time Bersama Keluarga

Setelah selesai kuliah (S1), Miftah mengambil magister di Universitas Indonesia Fakultas Teknik. Ini yang kemudian jadi salah satu modalnya untuk kembali ke kampus asal yang telah menempa daya pikirnya (red-menjadi dosen). Mengajar di fakultas teknik ternyata memiliki pengaruh besar.  Miptah yang sudah sedari dulu dikenal lincah dan pandai bergaul dengan komunitas manapun membuatnya terlihat beda dengan akademisi lain yang tampak kaku. Perbedaan inilah yang membuat rektor UMJ menjadikannya dekan pada waktu itu.

Ada hal menarik ketika Miptah menjadi dekan. Ia masih begitu muda untuk jabatan pimpinan di tingkat fakultas waktu itu. Pernah ada cerita lucu dimana waktu itu akan dilaksanakan acara wisuda. Kebetulan miptah satu lift dengan seorang professor.  Saat di lift, ia ditanya oleh sang profesor, “Dik, mau di wisuda yah?”. “Iya Prof”, jawab Miptah sambil tersenyum. Setelah tiba di gedung, professor kaget ternyata yang ditanya saat di lift adalah seorang dekan dan duduk berdampingan mewisuda mahasiswa UMJ.

Baca juga  Iyus, Tukang Pijat yang Jadi Dewan PKS

Pada Pemilu 2009, Suami dari Nur Intan Soraya ini mendapat amanah dari PKS untuk menjadi calon legisalatif periode 2009-2014. Miptah menanggalkan jabatannya sebagai Dekan UMJ. Bapak lima anak ini terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Banten periode 2009-2014. Kemudian untuk kedua kalinya, Miptah diamanahi sebagai anggota DPRD Banten Fraksi PKS  pada periode 2014-2019.

Riwayat Pendidikan:
# SD Muhammadiyah 34 Cikupa Tangerang
# SMP Negeri Cikupa Kab. Tangerang
# STM Negeri Tangerang
# Fakultas Teknik UMJ (S1)
# Pasacasarjana Teknik UI (S2)

Riwayat Organisasi
# IPM
# Pemuda Muhammadiyah
# KNPI

Riwayat Pekerjaan
# Ketua Jurusan Teknik Elektro,FT UMJ
# Dekan Fakultas Teknik FT-UMJ
# Anggota DPRD Propinsi Banten