Rani, Petani kerang hijau
Share Button

Oleh : Asep Kurniawan, Bidang Kesejahteraan Masyarakat DPD PKS Kota Serang

Sesuai dengan namanya, kerang ini memiliki warna kulit kerang hijau dan kaya akan kandungan omega 3 di dalamnya. Olahan kerang ini bisa ditemukan di restoran atau warung seafood terdekat. Atau dapat juga ditemukan di pasar ikan atau pasar swalayan, lalu diolah sendiri dengan saus asam pedas manis atau saus tiram. Selain lezat, kerang hijau memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Nah, apa sajakah manfaat yang didapat saat mengkonsumsi kerang hijau ini, berikut manfaatnya. Salah satu nya adalah menjaga kesehatan Jantung, kesehatan kulit, mencegah ganggun pernafasan dan kesehatan sendi. Tetapi masyarakat jarang sekali mengetahui hal ini, dari sekian banyak nelayan yang ada dikawasaan lepas pantai Karang Hantu Kecamatan Kesemen Kota Serang, hanya bebrapa saja yang memanfaatkan lahan laut sebagai sarana budi daya kerang hijau tersebut.

Baca juga  Mujianto Peternak Lele Yang Sukses Dari Kota Serang

Rani merupakan salah satu kader PKS ranting(DPRa -Red) Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen adalah peternak budi daya kerang hijau. Lahan yang digarapnya hanya dua bagan terapung di lepas pantai pelabuhan Karang Hantu, lokasi  kurang lebih 2k m dari bibir pelabuhan. Potensi ini sangat kurang diminati apalagi di lirik oleh  oleh para investor, padahal peluang  pasar sanagat terbuka. Mari kita perhatikan di beberapa rumah makan sea food do Kota Serang bisa kita bisa jumpai kerang hijau. Makanan yang mengandung banyak gizi ini memang tidak begitu terkenal didibandingkan kerang putih yang bentuk nya kecil. Budi daya kerang hijau ini memang harus butuh pendampingan dan dukungan modal yang cukup sehingga bisa membatu pemasaran dan peluang terbuka untuk eksport. Saat kami mengunjungi budi daya kerang tersebut dengan ditemani oleh ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC-Red.) Kecamatan Kasemen, Huzaini. Kegiatan yang dilakukan Rani merupakan adik kandung ketua DPC Kasemen patut  dicontoh oleh kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera. Bukan hanya handal dalam mengelola kerang hijau tersebut tapi mampu mengoperasikan nahkoda kapal mesin yang berukuran besar.

Baca juga  FPKS Kritik Ketok Palu Hak Angket KPK

Rani berharap kedepan ada yang bisa membantu untuk memasarkan hasil budi daya  kerang hijau tersebut. Di kepengurusan PKS Kota Serang ada bidang yang  yang menaungi Nelayan, bidang tersebut bisa memberikan arahan dan pemebelajaran bagi para nelayan khusus nya budi daya kerang hijau ini.
Pengetahuan yang sangat minim tentang budi daya kerang hijau oleh para nelayan sangat terbatas sehingga untuk pengeloaan alat dan sarana yang lain pun seadanya. Bambu dan tambang adalah alat yang dominan dipakai dalam budi daya kerang hijau. Potensi kader PKS dalam segala hal ternyata banyak sekali yang perlu digali, sehingga bisa membuat perubahan dalam aktifitas peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar. Rani adalah salah satu kader yang perlu dibina dan dikembangkan potensinya dalam bidang nelayan khususnya budi daya kerang hijau ini.(14/4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *