Rayakan kemenangan dengan makan rabeg
Share Button

Serang(30/4) – PKS Kota Serang melakukan syukuran dengan mengadakan pertemuan akbar di Kebaharan pada hari Sabtu (30/4) dengan mengundang Syaukatudin, aleg propinsi banten, sebagai pembicara. Dalam pemaparannya Syaukatudin mengingatkan bahwa kemenangan merupakan takdir Allah. “Kemenangan itu sudah tertulis di lauhil mahfudz, kita tinggal menjemputnya dengan usaha dan doa. Bukan berarti bahwa semua hal sudah tercata maka kita tinggal menunggu saja, bukan seperti itu caranya” kata pria yang biasa dipanggil Syaukat ini..

Setelah pertemuan ini kemudiantersebut kemudian panitia menyajikan rabeg untuk disantap bersama di ruangan khusus untuk makan bersama. Rabeg merupakan menjadi sajian populer di Provinsi Banten. Di Serang, banyak warung dan rumah makan yang menyajikan masakan ini. Ada rumah makan yang menyajikan rabeg dari daging dan jerohan kambing, ada pula yang hanya menyajikan rabeg dari daging dan iga kambing.

Baca juga  Milad, Cipocok juara lomba hias tumpeng

Bumbunya pun kadang-kadang berbeda dari dapur yang satu ke dapur yang lain. Misalnya, bila dulu digunakan gula merah dari kelapa yang memang banyak diproduksi di Banten, sekarang banyak yang menggantikannya dengan kecap manis. Ada pula yang memakai kapulaga dan bunga lawang (pekak, star anise) untuk mencuatkan citarasa Arab. Tetapi, kebanyakan cukup dengan memakai sedikit kayu manis untuk menampilkan aroma harum.

Tentang aroma kambing yang kuat, masing-masing dapur mempunyai pendekatan masing-masing. Ada yang justru membiarkan aroma hewan itu, tetapi ada pula yang justru menggunakan teknik-teknik tertentu untuk “menenggelamkan” aroma prengus dari daging kambing. Biasanya, yang memasak rabeg tanpa jerohan akan menghasilkan masakan yang lebih harum.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan kader dan simpatisan PKS dari penjuru Kota Serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *